Rabu, 03 Oktober 2012

Sharing Data dan Sharing Partisi.


SHARING DATA
Sharing Data pada Win XP
Langkah-langkah :
1. Local Sharing
Sebenarnya Windows XP telah membuatkan sebuah folder khusus yang bernama Shared Documents. Jika file kita masukkan ke dalam folder tersebut otomatis user lain akan dapat mengakses data/file-file kita.
C:Documents and SettingsAll UsersDocuments
2. Sharing Data dalam Folder
Klik Kanan folder yang ingin dishare > Pilih Sharing and Security… > Pada Network sharing and Security > Beri tanda Check (v) di depan Share this folder on the network > Isikan nama data yang dishare pada Share name:
Jika di depan Allow network user to change my files ikut di centang, artinya user lain bisa menambah dan mengurangi file-file yang kita share.
sharing data
3. Sharing Drive
Hampir sama dengan Sharing folder. Klik Kanan drive yang akan dishare Sharing and Security… > Muncul Jendela Properties dari Drive yang dishare > Klik If you understand the risk but still to share…dst > Selanjutnya persis seperti sharing folder (no. 2 ).
dishare dan belum dishare
4. Mengambil Data yang di Share
Untuk dapat mengakses dari folder/drive yang dishare dalam satu area jaringan ada beberapa cara :
Melalui Computer Name dan Workgroup
Start > Explore > cari My Network Places > Entire Network > Microsoft Windows Network> cari Nama Workgroup > Klik Computer Name dimana tempat folder di share > Klik double, maka folder yang dishare akan kelihatan.
NB. : kita harus berada dalam satu workgroup dan tahu workgroup serta computer name dimana folder dishare.
Melalui perintah RUN
Start > Run > ketik \\[computer name] > Enter atau Logo Windows+ R > ketik \\IP Addresskomputer yang dishare > Enter. Contoh : \\PC01 atau \\10.63.41.101
NB. : kita harus mengetahui Computer Name dimana folder dishare dan IP Address dari komputer yang dishare.







  • Buka Control Panel, pilih Network and Internet dan lanjutkan dengan klik Network anda Sharing Center.






  • Klik Change Advanced Sharing Setting dan rubah semua setting agar mengijinkan komputer lain bisa mengakses komputer windows 7 ini. Kalau perlu, jangan gunakan pilihan password protection sharing agar orang yang mengakses komputer anda tidak perlu lagi mengakses menggunakan password (Demi keamanan data-data anda, jangan pernah gunakan pilihan ini pada jaringan publik seperti hotspot di kafe, mall atau wilayah publik yang lain).


  • Setelah itu, klik Save Changes.
  • Lanjutkan dengan membuat folder yang akan di share dengan komputer lain.
  • Buka windows explorer dan buat folder baru. Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.
  • Klik tab Sharing diikuti dengan klik tombol Share.

  • Pada menu drop down, tambahkan user yang diizinkan untuk mengakses folder (Pada contoh kali ini kami menggunakan Evryone, yang intinya semua orang bisa akses tanpa melalui autenstikasi dan password).

  • Tambahkan tingkat perizinan pada user Everyone, apakah hanya bisa membaca saja atau bisa juga menambahkan file (menulis).

  • Terakhir, klik share dan di ikuti dengan klik tombol Done.

Pembuktian hasil setting folder sharing
Coba anda akses folder windows 7 yang sudah anda atur tadi dengan komputer lain. Caranya, buka Control Panel, Network Connection, My Network Places. Cari dan klik dua kali nama komputer dari windows 7.
Jika cara di atas tidak berhasil anda bisa langsung menulis IP Windows server yang anda atur tadi, yaitu dengan Cara :
  • Klik Menu Start>RUN / Windows+R.
  • lalu tulis //Ipaddress_komputer. Contohnya : //192.168.1.14
  • tunggu beberapa saat.

Klik folder sharing dan coba anda ambil data dari sana. Jika anda mengizinkan akses read-write, coba anda lakukan penulisan. Bisa dengan cara membuat folder baru atau mencoba mencopy file dari komputer XP ke folder tersebut.

SHARING PARTISI
CARA SHARING PARTISI DI WINDOWS7

1. Langkahnya pada windows 7 klik menu start dalam kolom pencarian ketik network and sharing center akan muncul jendela klik menu Change Advances Sharing Setting.

2. Pada jendela Change Advances Sharing Setting pastikan settinganya sebagai berikut scroll kebawah pada Password Protected Sharing anda turn off kan agar lebih memudahkan anda tanpa harus mengetikan password, kemudian klik Save Setting.
Masalah umum pada saat sharing data
1.    Masalah settingnya
Solusinya:
1.    Buka network dan sharing center
2.   Set anvanced sharing setting disebelah kiri atas
3.   Lalu pilih opsi enable network discovery , file sharing, public folder sharing
4.   Lalu tinggal pilih folder mana yang akan di share melalui windows explorer ( klik kanan di folder, pilih sharing dan aktifkan sharing).
5.   Folder dan computer yang share akan tampak dibagian network pada windows explorer.
2.   Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan
Yang ini merupakan masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnya kabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch anda karena digigit tikus; masalah jaringan yang berdampak pada satu blok gedung karena putusnya kabel antar switch (uplink cable); atau bahkan berdampak pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan anda karena kegagalanbackbone cable.

3.   kerusakan pada Kabel dan konektor Jaringan
Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.


LANGKAH LANGKAH SHARING PARTISI DI WINDOWS 7

1. Klik Kanan Partisinya – pilih Properties
2.Klik Properties lalu pilih security , lalu klik Edit
3.Kemudian klik add , setelah add - klik advanced
4.Setelah klik advanced , lalu klik find now , lalu setelah itu klik lagi everyone
5.Setelah klik Everyone , klik ok – ok – ok

Cara Kerja PING Dalam Satu Subnet
Ping (Packet Internet Groper) adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk mememriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi transmission control protokol/ internet protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket data berukuran kecil kepada alamat IP yang hendak diuji coba konektivitasnya dan menunggu respons darinya. Nama “ping” datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek. Apabila utilitas ping menunjukkan hasil yang positif maka kedua computer tersebut saling terhubungdi dalam sebuah jaringan. Hasil statistic keadaan koneksi dibagian akhir. Kualitas koneksi dapat dilihat. Prinsip kerja ping bisa dibilang cukup sederhana. Computer local akan mengirimkan 4 paket (default) ke computer remote. Protocol yang digunakan computer adalah protocol ICMP. Kemudian computer remote akan mengembalikan 4 paket balasan. Cara melakukan ping ke sebuah komputer :
  1.  Start > Run
  2.  ping namadomain.com atau ping nomor-ip. Misalnya:
pingsmitdev.com atau ping 68.180.206.184
(ini contoh IP Yahoo.com).
Jika Anda terkoneksi, maka akan muncul barisReply from …, jikakoneksi lambat maka akan muncul Timeout, dan jika tidak terkoneksimaka akan muncul pesan Destination host unreachable.

Cara sharing folder dengan homegroup
HomeGroup adalah jaringan yang benar-benar dibuat sederhana agar mudah digunakan dan bahkan nama Homegroup sendiri adalah nama yang tetap dan tidak bisa dikutak-katik lagi. Anda tidak bisa merubah nama ini bila tidak menyukainya dan Anda tidak bisa pula membuat lebih dari satu Homegroup didalam jaringan Anda. Benar, Anda hanya bisa memiliki satu homegroup dan hanya satu-satunya. Mungkin, Anda harus menunggu munculnya windows masa depan (windows 8?), untuk bisa membuat beberapa jenis Homegroup didalam jaringan Anda.

Membuat_Jaringan_Homegroup
Homegroup bisa diciptakan oleh komputer mana saja yang ada didalam jaringan Anda namun sekali lagi, hanya bisa ada satu homegroup didalam jaringan Anda. Untuk membuat homegroup, klik menu Start>Control Panel>Choose homegroup and sharing options. Secara otomatis, komputer Anda akan mencari Homegroup yang ada didalam jaringan dan ketika jaringan Homegroup ini tidak ditemukan, Anda akan melihat window seperti yang ditunjukkan oleh gambar 3.1. Untuk membuat homegroup, Anda tinggal mengklik tombol 'Create a homegroup'



Gambar 1

Window berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan direktory-direktory spesial mana saja yang akan disharing dengan pengguna Homegroup lainnya. Anda akan melihat direktory Pictures, Music, Videos, Documents dan Printers. Semua direktory akan terpilih secara otomatis kecuali direktory Ducuments namun tentu saja Anda bisa merubah pilihan ini sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda tidak suka berbagi folder videos Anda yang menyimpan berbagai film-film seru, un-check saja ini. Selanjutnya, klik tombol Next maka proses pembuatan Homegroup akan segera dilakukan secara otomatis.

Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah password yang dibuat secara otomatis yang dalam contoh ini adalah 't136uJ4hU7'. Catat password ini karena password inilah yang dibutuhkan oleh komputer-komputer lainnya didalam komputer Anda yang ingin bergabung dengan Homegroup. Anda juga bisa mengklik link 'Print password and instruction' yang akan memberikan Anda petunjuk tentang bagaimana bergabung dengan Homegroup yang baru dibuat ini melalui komputer lain. Setelah selesai, klik tombol Finish.



Gambar 2

Kini Homegroup telah terbentuk. Anda akan melihat kembali halaman yang menampilkan informasi direktory yang telah Anda sharing beserta setting serta link lainnya yang berguna dalam administrasi Homegroup. Anda bisa merubah password yang terbentuk secara otomatis ini misalnya dengan mengklik link 'Change the password..' atau mencoba melihat kemungkinan permasalahan pada Homegroup Anda melalui link 'Start the HomeGroup troubleshooter'.




Gambar 3. Folder yang disharing pada HomeGroup dan Folder Libraries yang digunakan.


Bergabung dengan jaringan Homegroup
Setelah HomeGroup terbentuk, komputer-komputer lainnya yang terhubung didalam jaringan yang sama bisa bergabung dengan HomeGroup ini. Sebelum bergabung, pastikan Anda telah mencatat password yang digunakan oleh Homegroup. Bila Anda lupa, Anda bisa melihatnya melalui komputer yang telah terhubung kedalam jaringan Homegroup melalui Control Panel>Choose homegroup and sharing options>View or print the homegroup password.



Gambar 4

Ketika Anda mengklik menu Control Panel>Choose homegroup and sharing options, windows 7 secara otomatis akan mencari keberadaan homegroup didalam jaringan. Seandainya ditemukan seperti pada contoh ini, Anda akan melihat sebuah halaman yang menampilkan informasi mengenai keberadaan Homegroup beserta nama komputer yang menciptakannya pertama kali. Anda tidak mempunyai pilihan untuk membuat Homegroup, yang ada hanyalah bergabung dengan Homegroup yang ada dengan mengklik tombol 'Join Now'.

Ketika Anda mengklik tombol 'Join now', halaman berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan folder-folder mana saja yang hendak Anda sharing kepada pengguna Homegroup. Setelah menentukan folder yang disharing maupun tidak, Anda bisa mengklik tombol 'Next' untuk melanjutkan. Kini, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang digunakan oleh Homegroup. Anda harus memasukkan passwordnya dengan benar dan perhatikan juga bahwa password yang digunakan adalah case sensitif artinya password tersebut membedakan huruf besar dan kecil. Bila Anda mengalami kesulitan saat bergabung, pastikan juga bahwa tanggal dan waktu (date and time) Anda telah disetting dengan benar karena perbedaan tanggal dan waktu bisa membuat Anda ditolak bergabung kedalam Homegroup.


Gambar 5

Setelah Anda bergabung dengan Homegroup, kini Anda bisa melihat folder dan file yang disharing oleh anggota Homegroup. Anda bisa mengakses folder-folder dan file yang disharing melalui Windows Explorer. Sebelah kiri dari Windows Explorer Anda, akan terdapat tambahan folder Homegroup yang bisa Anda klik untuk melihat nama komputer beserta folder dan file yang disharing. Mudah bukan ?

Merubah Hak Akses Sharing
Saya telah menjelaskan kepada Anda mengenai setting default atau hak akses default dari folder yang disharing oleh Homegroup seperti folder Documents,Music, Picturesd dan Videos. Bagaimana bila Anda ingin merubah folder-folder yang disharing ini ? Anda bisa melakukannya setiap saat melalui Windows Explorer. Klik folder tersebut kemudian klik toolbar 'Share with' dan tentukan hak akses yang hendak Anda berikan. Apakah Tidak boleh diakses oleh siapapun (Nobody), hanya boleh dibaca oleh anggota Homegroup (Homegroup(read)) atau boleh dibaca tulis oleh anggota homegroup (Homegroup(Read/Write)).




Gambar 6






Tidak ada komentar:

Posting Komentar